Kerja Digenjot, Insentif Nakes di Kabupaten Bima Sekian Bulan Belum dibayar - Bima News

Selasa, 15 Maret 2022

Kerja Digenjot, Insentif Nakes di Kabupaten Bima Sekian Bulan Belum dibayar

Alamsyah
Alamsyah, SKM
 

BimaNews.id, BIMA-Sejak Januari 2022, Capaian vaksinasi di Kabupaten Bima digenjot hingga pada angka 80 persen. Praktis tenaga kesehatan (Nakes) harus kerja keras untuk memenuhi target itu. Apalagi capaian 80 persen itu menjadi syarat untuk pelakasanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Sayangnya, kerja keras  Nakes hingga menyasar warga yang ada di gunung-gunung tidak diikuti dengan pembayaran insentif secara rutin. Padahal Nakes telah bekerja sejak akhir 2021 hingga maret 2022 ini.

‘’Sejak akhir 2021 hingga Maret ini kita belum mendapat pembayaran insentif Covid-19,’’ aku seorang Nakes, Senin siang (14/3).

Padahal kata dia, insentif itu sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan vaksinasi di lapangan. Termasuk untuk kebutuhan anak dan isteri di rumah.

Sementara Kabid P2PL Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima Alamsyah yang dikonfirmasi, membenarkan belum ada pembayaran insentif Nakes. Terhitung dari akhir 2021 hingga Maret 2022.

"Total insentif Nakes yang belum dibayar  Rp 2 Miliar," sebutnya, Senin (14/3).

Angka tersebut berdasarkan jumlah dosis yang habis digunakan Nakes di semua puskesmas sebanyak 200 ribu. Setiap dosis dihitung Rp 10 ribu.

Lambannya pencairan anggaran kata dia, karena banyak dokumen yang harus dilengkapi. Saat ini berkas sebagai syarat pencairan sedang diproses, kemudian diajukan di BPKAD.

"Prosesnya sedang berjalan, sembari menunggu SK dari Bupati Bima," beber mantan Kepala Puskesmas Soromandi ini.

Melihat prosesnya saat ini,  insentif untuk Nakes akan cair di bulan Maret. "Insentif tetap cair kok. Mohon bersabar,’’ ajaknya.

Ia berharap Nakes sebagai garda terdepan penanganan Covid-19  tetap maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jangan karena keterlabatan pencairan insentif, lalu semangat  kerja menurun.

"Ingat pelayanan kesehatan itu tugas pokok Nakes," tandas Alamsyah. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda