Jembatan Kananta-Soromandi Kabupaten Bima Ditargetkan Rampung Mei Mendatang - Bima News

Selasa, 01 Maret 2022

Jembatan Kananta-Soromandi Kabupaten Bima Ditargetkan Rampung Mei Mendatang

Jembatan
Jembatan Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima saat awal dikerjakan. Pengerjaan jembatan ini ditargetkan rampung pada Mei mendatang.

BimaNews.id, BIMA-Pengerjaan jembatan Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima yang sempat terkendala, kini sudah dilanjutkan. PT Dunia Mas selaku kontraktor memastikan pembangunan jembatan rampung pada Mei mendatang.

“Dari tiga paket proyek jembatan yang kita kerjakan tinggal di Kananta yang belum tuntas. Sementara jembatan di Sampungu  dan Kiwu sudah selesai,” jelas Manager Lapangan PT Dunia Mas, Eko Juliadi, Senin (28/2).

Pengerjaan jembatan Kananta selama ini kata dia, memang menuai kendala. Selain curah hujan tinggi, besarnya debit air sungai juga menyulitkan para pekerja.

“Jadi, terpaksa kita ubah metode pengerjaannya,” kata Eko.

Metode yang diterapkan sebut dia, dengan memasang bronjong. Tujuannya, sebagai penahan tanah di sekitar jembatan  agar tidak tergerus banjir. Selain itu, juga dipasang tiang penyangga dari besi baja, supaya konstruksi jembatan lebih kokoh.

“Besi penyangga kita datangkan dari Surabaya,” sebutnDengan demikian, Eko memastikan pengerjaan jembatan tidak ada hambatan. Pengejaan berat yang tersisa tinggal pengecoran permukaan jembatan.

“Pengecorannya sekitar pertengahan maret. Setelah itu baru finishing,” ujar Eko.

Sebelum, pembangunan jembatan sempat dihentikan karena distribusi material terkendala. Selain itu, disebabkan karena ada perubahan desain. Pihak rekanan menyebutkan, jembatan tersebut harus menggunakan tiang pancang.

Sebagai informasi, pengerjaan jembatan Kananta menghabiskan anggaran sekitar Rp12 miliar dari APBD Provinsi NTB.  Masa kerjanya selama 365 hari kalender, dengan pola pembiayaan tahun jamak, mulai 2020 sampai 2022. Proyek ini satu paket dengan pengaspalan jalan Kiwu-Sampungu, Jembatan Sori Kari’I dan Jembatan Kiwu. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda