Dari 17 Napi Kabur dari Rutan Bima, 14 Berhasil Ditangkap, 3 Orang Masih Diburu - Bima News

Rabu, 02 Februari 2022

Dari 17 Napi Kabur dari Rutan Bima, 14 Berhasil Ditangkap, 3 Orang Masih Diburu

Rutan
Suasana di Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Bima pasca kaburnya 17 orang narapidana setempat, Selasa sore (1/2)
 

BimaNews.id, KOTA BIMA- Belasan narapidana yang kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Bima sebagian sudah kembali. Hingga pukul 08.00 Wita Rabu  (2/2), masih tersisa tiga orang yang belum ditemukan.

“Pagi ini (Rabu) ada dua orang kembali ke Rutan,” jelas Gamal Masfhur, Kasubsi Pengelolaan Rutan Kelas II B Bima.

Dua orang narapidana tersebut yakni, RF dari Kecamatan Sanggar. Dia sempat kabur ke rumahnya lalu datang dengan ojek. Kemudian, EM dijemput petugas rutan di kediamannya di Desa Keli Kecamatan Woha.

“Mereka belum dimintai keterangan terkait perbuatannya itu,” jelas Gamal.

Selain dua orang tersebut, Selasa sore hingga malam juga ada beberapa narapidana yang sudah kembali. Sebagian besar mereka ditangkap aparat dan diantar oleh pihak keluarga ke Rutan.

“Sebagai sanksi, mereka dikurung di sel pengasingan selama 6 hari. Apabila tidak menunjukan perbaikan prilaku, akan ditambah lagi 6 hari,’’ tandasnya.

Sementara tiga narapidana yang belum ditemukan kata dia, yakni SY, tahanan kasus narkoba asal Desa Tangga Baru Kecamatan Monta. Kemudian, DV narapidana kasus penganiayaan asal Desa Nggembe Kecamatan Bolo.

“Satu orang lagi adalah YG, tahanan kasus narkoba asal Desa Rada Kecamatan Bolo. Dia menjalani hukuman 4 tahun penjara dengan subsider 3 bulan,” pungkasnya.

Sebelum, kerusuhan terjadi di Rutan kelas II B Bima membuat 17 tahanan kabur dengan mendobrak pintu utama, Selasa sore (1/2). Kejadian itu bermula saat salah satu narapidana inisial MR merasa keberatan dengan kasus yang sedang dihadapinya.

Dia memprotes ke Kejaksaan terkait penundaan persidangan. Situasi tersebut justru dimanfaatkan oleh napi lain membuat keributan hingga mendobrak pintu depan.

Petugas sudah berusaha menahan reaksi ratusan tahanan. Namun tidak berhasil. Akibatnya, 17 orang berhasil lolos ke luar melalui pintu utama Rutan. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda