Pembukaan MTQ Dompu Akan Dihadiri Tiga Qori Internasional - Bima News

Thursday, 13 January 2022

Pembukaan MTQ Dompu Akan Dihadiri Tiga Qori Internasional

Qori
Qori internasional Syamsuri Firdaus, Ustad Amrillah dan Ustadz Darwin Hasibuan
 

BimaNews.id, DOMPU-Pemerintah Kabupaten Dompu memastikan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kabupaten digelar 20 Januari mendatang. Festival pemuliaan Al-Qur’an tahunan itu akan dihelat di Lapangan Beringin Pemda Dompu.

Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM MMKes mengatakan, pada pembukaan MTQ Pemda mendatangkan tiga qori internasional. Yakni, Syamsuri Firdaus asal Bolo Kabupaten Bima merupakan juara dunia MTQ Internasional di Turki 2019.

Kemudian, Ustad Amrillah juara 1 MTQ Internasional ke-36 di Teheran, Iran 2018. Serta Ustad Darwin Hasibuan salah satu qori senior yang berhasil meraih juara 1 MTQ Internasional di Teheran, Iran tahun 2003.

“Ketiga qori ini sudah kita hubungi dan menyatakan kesiapannya untuk datang pada pembukaan MTQ Kabupaten Dompu. Semoga tidak ada halangan,” terang Gatot, Rabu (12/1).

Menjelang MTQ, berbagai persiapan tengah dilakukan. Seperti panggung, penginapan kafilah hingga penataan area MTQ.

“Sekarang proses pembangunan panggung sudah mencapai 50 persen. Begitu pula tempat penginapan kafilah sudah mulai disiapkan,” ujar Sekda yang baru beberapa bulan dilantik ini.

Sebelum, rencana pelaksanaan MTQ digelar November 2021. Tapi diundur Januari karena alasan PPKM Covid-19. “Kebetulan saat itu status PPKM di Dompu naik level,” ujarnya.

Begitu pula penetapan lokasi MTQ kenapa tidak digelar di kecamatan kata dia, kerena berbagai pertimbangan. Panitia menetapkan di Lapangan Beringin Pemda Dompu demi keamanan, kenyamanan dan ketertiban.

“Ini MTQ pertama bagi Bupati Dompu. Beliau menginginkan event aman, nyaman serta dinikmati oleh masyarakat sesuai dengan misinya dalam mewujudkan Dompu yang Mashur,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melibatkan sejumlah personel TNI Polri untuk menjaga pelaksanaan MTQ. Untuk memberikan rasa aman bagi kafilan maupun masyarakat yang datang berbagai kecamatan.

"Bupati ingin MTQ berjalan sukses aman dan benar-benar dinikmati masyarakat," katanya.

Pelaksanaan MTQ rencananya digelar selama 7 hari. Mulai 20 sampai 26 Januari. Diikuti 256 peserta dengan sejumlah mata lomba. Seperti tilawah, tartil, sahril Qur'an, makalah atau karya ilmiah Al-Qur'an, kaligrafi, tahfiz dan lain-lain. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda