Pemain Nasional Todd Ferre dan Titus Bonai Akan Bertanding Pada Turnamen Gubernur Cup - Bima News

Rabu, 19 Januari 2022

Pemain Nasional Todd Ferre dan Titus Bonai Akan Bertanding Pada Turnamen Gubernur Cup

Pemainan Nasional
Todd Ferre dan Titus Bonai (google)

BimaNews.id, BIMA-Sembilan pemain profesional Liga 1 dan Liga 2 Indonesia bakal memeriahkan Turnamen Antar Kampung (Tarkam) Piala Gubernur Cup di Kecamatan Sape, Kabupaten Bima. Dua diantaranya, Todd Rivaldo Ferre, pemain Timnas U-23 dan Titus Bonai, mantan pemain Timnas senior.

Dua pemain profesional nasional ini akan memperkuat PS Bugis, Kecamatan Sape. Pertandingan perdana mereka digelar 21 Januari melawan FC Desa Sangia Sape di Lapangan Semangka Desa Naru, Sape.

Todd Ferre saat ini berstatus sebagai pemain Persipura Jayapura, club Liga 1 Indonesia dan Timnas U-23. Dia didatangkan karena tersandung kasus pemukulan wasit pada Desember 2021. PSSI memberikan hukuman dilarang bermain penyerang 23 tahun itu selama 13 bulan.

Sementara Titus Bonai saat ini memperkuat PSMS Medan di Liga 2 Indonesia. Pemain 32 tahun yang pernah menjadi ujung tombak lini serang Indonesia di Piala AFF 2014 lalu ini didatangkan karena Liga 2 berakhir. 

Selain Todd Ferre dan Titus Bonai, PS Bugis juga mendatangkan 7 pemain profesional Liga 2 yang memperkuat club-club di daerah Jawa dan Sumatra. Seperti Mochamad Arifin, Evander Philip Marangga, Daniel Asmuruf,  Anveri Marlisa Carison, Denys Juan, Reza Ansari dan Dae Malaja.

“Sekarang baru tujuh pemain yang sudah tiba di Bugis. Sedangkan Titus Bonai hari ini (Rabu)  tiba di Bali, besok Kamis  akan terbang ke Bima,” kata Burhanuddin, manager club PS Bugis, Rabu (18/1).

Sementara Todd Ferre kata dia, kemungkinan besar tidak bisa memperkuat PS Bugis pada laga pertama. Dia berhalangan hadir karena jalur penyeberangan kapal di daerah asalnya di Kabupaten Fakfak ditutup hingga 22 Januari, akibat cuaca buruk.

“Kemarin dia (todd ferre) sudah mengirim jadwal penutupan penyeberangan di Fak-Fak. Tapi, dia tetap ingin bermain pada laga kedua nanti, jika PS Bugis menang di laga awal,” kata Udin, sapaan akrab manager PS Bugis ini.

Official Tim PS Bugis, Effendi mengatakan, 9 pemain yang direkrut tersebut merupakan pemain profesional di Liga 1 dan Liga 2. Masing-masing  1 penjaga gawang, tiga penyerang , tiga pemain bertahan dan dua gelandang.

“Sisanya nanti diisi para pemain lokal,” katanya.

Sebagian besar para pemain yang direkrut tersebut merupakan pemain dari wilayah timur. Mereka memperkuat tim dari pulau Jawa dan Sumatra seperti Jogja, Tegal, Medan hingga Palembang.

“Yang dari Pelembang itu penjaga gawang,” kata pria yang juga pemilik usaha bawang junior Sape ini.

Perekrutan para pemain ini kata dia, memang sudah direncanakan sejak awal. Mereka menghubungi rekannya di Jogja untuk mencari para pemain profesional di pulau Jawa. Hasilnya, 7 pemain disepakati. Namun beberapa pemain itu menawarkan untuk merekrut Titus Bonai yang non job karena Liga 2 berakhir. Serta Todd Ferre yang kebetulan sedang menjalani hukuman 13 bulan dilarang bermain.

“Setelah dihubungi akhirnya Titus Bonai dan Todd Ferre mengaku siap bermain,” katanya.

Biaya perekrutan tiap pemain ini kata Effendi bervariasi dengan hitungan per laga. Paling tinggi adalah Todd Ferre yakni Rp 10 juta. Kemudian Titus Bonai Rp 5 juta dan 7 pemain lain masing-masing Rp 2,5 juta.

“Untuk biaya akomodasi seperti transportasi, tempat penginapan dan lain-lain kita yang tanggung,” pungkasnya. (red)

Bagikan artikel ini

1 komentar

  1. Meski turnamen tarkam tapi mampu mendatangkan pemain sekelas timnas

    BalasHapus