KM Belvah Tenggelam di Perairan Sape, Naiki Papan Gabus Lima ABK Selamat - Bima News

Sunday, 16 January 2022

KM Belvah Tenggelam di Perairan Sape, Naiki Papan Gabus Lima ABK Selamat

ABK
Lima ABK KM Belvah yang tenggelam di perairan selamat dengan menaiki papan gabus  saat dievakuasi oleh kapal pencari ikan KM Milenium Jaya 88 milik PT Bali Nusa di Perairan Sumbawa, Sabtu sore (15/1).

BimaNews.id, BIMA-Kapal Motor (KM) Belvah tenggelam di Toro Babula Perairan Sape,Jumat dini hari (14/1). Kapal pengangkut ikan dan buah-buahan milik Imam, warga Desa Bugis Kecamatan Sape Kabupaten Bima itu tenggelam akibat cuaca buruk.

Untungnya, lima anak buah kapal (ABK) selamat dengan menaiki papan gabus. Yakni, M. Ali, 57 tahun, Nuriansyah, 23 tahun, Agus, 20 tahun, Taufik, serta Iskandar 30 tahun. Mereka diselamatkan oleh kapal pencari ikan KM Milenium Jaya 88 milik PT Bali Nusa di Perairan Sumbawa, Sabtu sore (15/1), sekitar pukul 17.00 Wita.

"Lima Sekarang kelima ABK sudah dibawa ke Pelabuhan Banoa Bali," terang Ipda Sarif Rijaidinsyah, Kasat Pol Air Polres Bima Kota, Minggu sore (16/1).

KM Belva Roy bertolak dari Pelabuhan Sape menuju Waikelo, Sumba NTT pada Kamis (13/1) sekitar pukul 23.00 Wita. Namun, Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 Wita kapal hilang kontak.

Hilangnya kontak dengan ABK diketahui dari pemilik kapal. ABK yang hendak dihubungi, namun handphonenya tidak aktif. Kemudian pemilik melaporkan ke SAR Bima dan diteruskan ke Stasiun Radio Pantai Kelas III Bima.

Pada Sabtu sore, KM Milenium Jaya 88 yang melintas di perairan Sumbawa menemukan lima ABK yang sedang menaiki papan gabus. Momen penyelamatan tersebut diabadikan oleh ABK Km Milenium dan viral medsos.

Menurut Observer Petugas  Pemantau KM Mellinium Jaya  88, penemuan lima ABK yang dua hari tebawa arus itu tidak disangka.  Saat itu mereka dalam perjalanan menuju pelabuhan pangkalan PU Benoa Bali.

“Lima ABK berhasil dievakuasi,” pungkasnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda