Bupati Janji Datangkan Investor Jika Porang di Dompu Melimpah - Bima News

Jumat, 07 Januari 2022

Bupati Janji Datangkan Investor Jika Porang di Dompu Melimpah

Porang
Bupati Dompu Kader Jaelani saat meninjau tanaman porang di Desa Karamabura Kecamatan Dompu
 

BimaNews.id, DOMPU-Tanaman Porang menjadi primadona baru di Dompu selain jagung. Selain penanamannya mudah dan tidak membutuhkan biaya tinggi, juga menjanjikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Bupati Dompu, Kader Jaelani mendorong petani untuk menanam porang. Orang nomor satu di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini mengaku, siap mendatangkan investor untuk menyerap porang. Bahkan akan mendorong para investor untuk membangun gudang penyimpanan di Dompu.

“Itu semua tergantung kesungguhan petani. Investor akan datang ke Dompu kalau hasil produksi porang melimpah,” terang Kader Jaelani saat memantau tanaman porang milik Serda Dedi Jaya Atmaja di Desa Karamabura, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Kamis pagi (6/1).

Didampingi Kadis Pertanian Dompu M Syahroni, Kader Jaelani terpukau melihat tanaman porang yang tumbuh subur di lahan seluas 1,5 hektare.  Ia memuji keberhasilan TNI sukses menanam porang.

“Keberhasilan Serda Dedi patut dijadikan contoh oleh petani lain. Supaya ke depan bisa menanam porang lebih banyak,” harap Aba Kade sapaan akrab Bupati Dompu ini.

Pada kesempatan itu, Aba Kade juga membeberkan masyarakat yang sudah menanam porang di Dompu saat ini sudah sekitar 30 persen. Paling banyak di Kecamatan Pekat dengan luas lahan 395 hektare. Kemudian di Kecamatan Dompu seluas  4 hektare dan Kecamatan Pajo sekitar 2 hektare dan beberapa hektar di Kecamatan Woja.

"Dengan menanam porang berarti sudah mendukung program Jarapasaka yang digagas Pemda Dompu,” akunya.

Saat ini kata dia,  pemerintah memprioritaskan bibit porang lokal sebagai langkah awal. Pemerintah siap membeli jika bibit porang di Dompu melimpah.

"Kalau kurang kita akan datangkan bibit dari luar," pungkasnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda