Anak-Anak Putus Sekolah Juga Disasar Untuk Divaksin - Bima News

Tuesday, 11 January 2022

Anak-Anak Putus Sekolah Juga Disasar Untuk Divaksin

Vaksin
Gambar vaksinasi anak (Google)
 

BimaNews.id, BIMA-Vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten dan Kota Bima akan dimulai Rabu (12/1). Selain pelajar, anak-anak putus sekolah pun akan disasar untuk divaksin.

"Anak-anak putus sekolah tetap ada di Bima. Mengenai jumlahnya nanti kita data dulu," jelas Kabid P2PL Dikes Kabupaten Bima Alamsyah, Senin (10/1).

Untuk pelaksanaan vaksin tersebut, sejumlah persiapan dilakukan dua pemerintah daerah untuk mensukseskan vaksinasi kelompoknya umur tersebut. Langkah awal, akan menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah unsur terkait, Selasa (11/1). Selain TNI, Polri juga diundang para camat dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bima dan Kemenag.

"Surat edaran dari Kemenkes untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini sudah ada sejak awal Januari. Insyaallah, Rabu (12/1) lusa kegiatan vaksinasi anak dimulai," terang Kabid P2PL Dikes Kabupaten Bima Alamsyah, Senin (10/1).

Pelaksanaan vaksinasi  kata dia, akan digelar di masing-masing sekolah. Pihak Dikbud dan Dikes sudah mempersiapkan mulai dari lokasi, stok vaksin, sarana prasarana hingga petugas yang terlibat.

"Tim vaksinator nanti akan dibantu guru untuk mengatur para siswa," jelasnya.

Menjelang pencanangan, sekolah sudah harus mempersiapkan siswa untuk divaksin. Termasuk mensosialisasikan rencana vaksinasi pada orang tua siswa.

"Siswa yang divaksin harus ada persetujuan orang tua. Bila perlu mereka dampingi langsung," katanya.

Vaksinasi anak kata dia,  ditargetkan selama dua bulan dengan jumlah anak sebanyak 400 lebih orang. Karena selang waktu pemberian vaksin satu dan dua yakni 28 hari.

Sementara untuk teknisnya kata dia, sama dengan vaksinasi pada umumnya. Jadi, sebelum divaksin anak harus discreening lebih dulu untuk mengetahui riwayat penyakitnya.

"Kalau anak lagi sakit, pemberian vaksinnya ditunda," pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Kabid P2PL Dikes Kota Bima, Syarifuddin MKes. Dia mengaku, pencanangan vaksinasi anak di Kota Bima direncanakan mulai Rabu (12/1).

"Sekarang kita rapat persiapan vaksinasi dengan Polres Bima Kota dan unsur terkait. Kalau tidak ada kendala, vaksinasi dimulai Rabu," jelas Syarifuddin via WhatsApp, Senin (10/1). (red)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda