Lahan Jagung Tambah Luas, Intensitas Banjir di Kota Bima Makin Sering - Bima News

Jumat, 17 Desember 2021

Lahan Jagung Tambah Luas, Intensitas Banjir di Kota Bima Makin Sering

Banjir
Banjir yang melanda Kota Bima beberapa hari lalu
 

BimaNews.id, KOTA BIMA- Intensitas banjir yang melanda Kota Bima tahun ini lebih sering dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumya, banjir hanya terjadi sekitar tiga kali dalam setahun.  Saat ini, awal musim hujan saja sudah belasan kali.

Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Bima, Najamuddin mengatakan, banjir yang terjadi tidak hanya sering,  tapi juga lebih parah. "Kalau tahun lalu hanya luapan dari sungai, tidak begitu banyak lumpur seperti tahun ini," katanya, Rabu (15/12).

Dari kajian BPDB, banjir mudah merendam Kota Bima tahun ini karena perluasan alih fungsi hutan lindung menjadi lahan jagung di Kabupaten Bima. Seperti di wilayah Kecamatan Wawo.

"Sebagian besar sumber air berasal dari wilayah Kabupaten Bima," akunya.

Sehingga ketika hujan mengguyur wilayah pegunungan tersebut, air hujan tidak terserap. Langsung mengalir ke sungai hingga meluap ke pemukiman warga di Kota Bima.

"Itu indikatornya sehingga banjir dengan mudah rendam Kota Bima," aku Krisna sapaan akrabnya.

Mengacu pada kajian cuaca, banjir beberapa waktu lalu kata Najamudin belum seberapa. Yang dikhawatirkan pada puncak cuaca ekstrem dampak La Nina pada Januari dan Februari 2022 mendatang.

"Ini baru awal, belum puncak. Tapi semoga daerah kita aman-aman saja nanti," harapnya.

Menyinggung soal angka kerugian akibat bencana alam tersebut, ia mengaku di luar kewenangan BPBD. Yang pasti, data kerugian masih didata dinas terkait.

"Masih proses pendataan, nanti juga akan diumumkan berapa kerugian akibat banjir," terangnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda