Dugaan Penyelewengan Pupuk Bersubsidi di Bima, Polda NTB Akan Panggil Sekda - Bima News

Jumat, 17 Desember 2021

Dugaan Penyelewengan Pupuk Bersubsidi di Bima, Polda NTB Akan Panggil Sekda

Ekawana
Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra.
 

BimaNews.id, MATARAM-Dugaan penyelewengan pupuk bersubsidi di Bima ditangani Ditreskrimus Polda NTB. Sebelumnya penyidik telah meminta keterangan sejumlah distributor pupuk.

’’Distributor sudah diperiksa,’’ kata Dirreskrimsus Polda NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra.

Sejumlah distributor itu dimintai keterangan untuk mengungkap dugaan penyelewengan penyaluran pupuk bersubsidi. Termasuk menelusuri adanya indikasi tindak pidana.

Masalahnya kata dia, pupuk bersubsidi di Bima selalu mengalami kelangkaan setiap memasuki musim tanam. Padahal stok pupuk di PT Pusri sebagai produsen masih  tersedia hingga tahun depan.

Selain langka, juga ada indikasi harga dimarkup. Pupuk bersubsidi dijual di atas harga eceran tertinggi (HET). Padahal HET pupuk urea 50 kilogram hanya Rp 125 ribu.

‘’Pupuk bersubsidi di Bima juga diduga dijual secara ilegal. Dijual dengan harga Rp200 ribu hingga Rp 220 ribu per sak isi 50 kilogram,’’ bebernya.

Dugaan penyelewengan pupuk bersubsidi  akunya, masih ditelusuri. Para pengecer juga akan dimintai keterangan. ’’Kami masih dalam indikasi  tindak pidananya," kata Ekawana.

Selain ditributor, penyelidik juga telah meminta keterangan anggota Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP). Mereka dimintai keterangan seputar pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi. ’’Anggota KPPP sudah diperiksa,’’ ungkapnya.

Penyelidik  sebutnya, mengagendakan pemeriksaan Sekda Bima HM. Taufik HAK. Keterangan sekda ini dibutuhkan untuk mengungkap indikasi penyelewengan pupuk bersubsidi, dalam kapasitas sebagai Ketua KPPP Bima. (red)

Bagikan artikel ini

2 komentar

  1. Tolong di ralat harga pupuk urea subsidi bukan 120rb/zak tp 112.500/zak..trimakasih

    BalasHapus
  2. Harga pupuk urea subsidi kenapa beda2 harga ya.? Didesa saya tinggal ini harganya 1 zak Rp. 135.000

    BalasHapus