Persediaan 38 Ribu Ton, Baru 500 Ton Benih Jagung Bantuan Disalurkan ke Petani - Bima News

Rabu, 17 November 2021

Persediaan 38 Ribu Ton, Baru 500 Ton Benih Jagung Bantuan Disalurkan ke Petani

Benih
Seorang petani di Desa Punti, Kecamatan Soromandi menunjukan benih jagung bantuan varietas Betras dari pemerintah beberapa waktu lalu.
 

BimaNews.id, BIMA-Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Bima telah menyalurkan bantuan benih jagung 500 ton kepada para petani. Jumlah itu baru sebagian kecil dari persediaan benih jagung 38 ribu ton.

"Yang belum kita salurkan masih 37.500 ton," sebut Kasi Perbenihan dan Tanaman Distanbun Kabupaten Bima Amran, kemarin (16/11).

Benih jagung bantuan itu ada delapan varietas. Di antaranya varietas NK 212, Bioseed 89, NASA 29 trin nomor 457 HJ 21, pioner 35 dan betras 1, dan lainnya.

Bantuan benih puluhan ribu ton ini disalurkan sesuai dengan luas lahan dan kebun tegalan di Kabupaten Bima. Pihaknya mencatat, luasnya yang menjadi sasaran bantuan benih seluas 100 ribu hektare.  Itu sesuai dengan data Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) yang masuk.

 "Wilayah terbanyak masukan CPCL, yakni Kecamatan Soromandi, Sanggar, Donggo, dan Tambora," rinci dia.

Benih bantuan itu diuji petik dulu sebelum didistribusikan kepada para penerima. Waktu uji petik memakan waktu tujuh hari. Ini untuk menilai kadar air dan pertumbuhan.

"Hasilnya minimal 85 persen dari 100 biji yang kita uji. Sebesar 85 persen ini bukan tidak tumbuh semua, melainkan tidak tumbuh merata," jelasnya.

Setelah diuji dan mengetahui hasilnya, instansi terkait akan mengirim rekomendasi ke provinsi untuk ditandatangani. Setelah terbit rekomendasi, dinas akan menyalurkan.

"Tidak langsung kami salurkan bantuan ini. Kami akan mendroping setelah melewati semua prosedur sesuai ketentuan yang berlaku," kata dia. (ar)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda