Peringati Hari Farmasi, IAI Bima Gelar Bakti Sosial - Bima News

Jumat, 05 November 2021

Peringati Hari Farmasi, IAI Bima Gelar Bakti Sosial

IAI
Ketua Ketua IAI PC Bima, H Makruf S.Si, Apt dan anggota foto bersama siswa SMAN 2 Kota Bima usai kegiatan edukasi obat dan pembagian vitamin di sekolah setempat.

BimaNews.id, KOTA BIMA-Memperingati Hari Farmasi Sedunia atau World Pharmacist Day (WPD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang (PC) Bima menggelar berbagai kegiatan sosial. Bertajuk “apoteker peduli Covid-19” kegiatan itu diisi dengan edukasi obat dan pembagian vitamin.

Ketua IAI PC Bima, H Makruf S.Si Apt mengatakan, kegiatan ini digelar selama tiga hari dengan melibatkan ratusan anggota IAI. Mulai Selasa (2/11) sampai Kamis (4/11). Kegiatan ini juga bekerjasama dengan 3 Puskesmas di Kota Bima. Yakni, Puskesmas Jatibaru, Mpunda dan Paruga.

“Alhamdulillah, kegiatannya berlangsung sukses dan lancar. Jumlah apoteker yang berpartisipasi selama kegiatan sebanyak 168 dari total sasaran 297 orang,” terang H Makruf usai kegiatan, Kamis (4/11).

Bakti sosial ini digelar dibeberapa lokasi. Hari pertama dipusatkan di Lapangan Spaga Kelurahan Jatiwangi, Kecamatan Asakota dan SMAN 2 Kota Bima. Kemudian hari ketiga di Kantor Kelurahan Lewirato Kecamatan Mpunda, SMP IT Insan Kamil dan SMAN 2 Kota Bima.

“Hari ketiga, ditutup di Kantor Kelurahan Paruga,” kata Makruf.

Ketua Panitia WPD, Widyanti S.Far mengatakan, pada kegiatan ini paket vitamin yang disediakan sebanyak 300 pack. Dengan jumlah keseluruhan peserta vaksin sebanyak 297 orang.

“Peserta vaksin ini selain dari masyarakat juga dari warga sekolah,” ujar Widya.

Kegiatan ini kata dia, merupakan kolaborasi panitia dan pengurus IAI Cabang Bima dengan sejumlah lembaga dan instansi. Mulai dari Dinas Kesehatan, Puskesmas se Kota Bima, Lurah Lewirato dan Paruga, Kepala SMP IT Insan Kamil serta Kepala  SMAN 2 Kota Bima.

“Kegiatan juga dihadiri Kapolsek Rasanae Barat serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” kata Widya.

Selain untuk menjalin silaturahmi anggota IAI, momen WPD ini untuk memberikan support kepada Tim Vaksinator Puskesmas. Guna menurunkan angka kesakitan dan mencapai kekebalan kelompok dengan memberikan multivitamin secara gratis kepada sasaran vaksin.

“Masyarakat dan warga sekolah juga kita berikan edukasi tentang cara penggunaan obat. Seperti mengikuti resep dokter hingga cara membuangnya,” pungkas Widya. (jw)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda