Gelar Maulid Nabi, STKIP Yapis Dompu Bagikan 170 Paket Sembako pada Warga Miskin - Bima News

Selasa, 02 November 2021

Gelar Maulid Nabi, STKIP Yapis Dompu Bagikan 170 Paket Sembako pada Warga Miskin

Maulid
Ratusan warga mengikuti maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar STKIP Yapis di lapangan futsal kampus setempat, Senin (1/11)
 

BimaNews.id, DOMPU-STKIP Yapis Dompu menggelar acara  Maulid Nabi Muhammad SAW, Senin (1/11). Moment itu juga dirangkaikan dengan pembagian paket bahan pokok kepada 170 warga miskin, janda dan anak yatim-piatu.

Acara tersebut dihelat di lapangan futsal kampus setempat. Mengangkat tema "Meneladani Akhlak Nabi Muhamad SAW dan Tantangan Zaman".  Dimeriahkan penampilan group marawis Al-Anwary STKIP Yapis. Serta menghadirkan penceramah, Ustadz Muhammad Fadhil Abdullah Baagil, S.Pdi.

Dihadiri pada acara tersebut Asisten 1 Setda Dompu H Burhanudin SH, Ketua PKK Dompu, Lilis Syuriani serta perwakilan Polres dan Kodim Dompu. Juga dihadiri Anggota DPRD Dompu, Nadirah SE Akt, Ketua Yapis Dompu, Arman SE, Ketua STKIP Yapis Dr Dodo Kurniawan SE ME, Kades Sori Sakolo dan ratusan warga.

Ketua  Yapis Dompu, Arman Anwar SE mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW baru pertama kali digelar STKIP Yapis. Momentum ini kata dia, harus dimaknai dengan mempererat hubungan silaturahmi dan saling berbagi.

"Maulid, kita dituntut untuk mengikuti perilaku Nabi Muhammad SAW," katanya.

Paling tidak kata dia, dengan merangkul dan saling berbagi tehadap sesama. Sehingga mereka yang kurang beruntung bisa terbantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saling berbagi ini bagian dari sifat beliau yang harus diikuti oleh umatnya," kata Arman.

Ketua STKIP Yapis, Dr Dodo Kurniawan SE ME mengatakan, Rabiul Awwal adalah bulan yang bersejarah di kehidupan manusia. Karena pada tanggal 12 Rabiul Awwal tahun gajah, lahir seorang pemimpin umat manusia yang merupakan rahmat bagi alam semesta.

"Beliau adalah junjungan kita yakni, Nabi Besar Muhammad SAW. Melalui beliau Allah menunjukan manusia menuju alam yang penuh dengan cahaya keimanan dan ketakwaan," jelasnya.

Melalui Maulid ini mari tanamkan, pupuk dan tingkatkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW. Dengan dapat mengungkap kembali sebagian dari perjalanan kehidupan Rasulullah Saw dalam menegakkan agama Islam.

"Mari kita hayati perilaku hidup Rasulullah, lalu jadikan acuan di kehidupan kita sehari-hari," ajaknya.

Mengimplementasikan sifat Rasulullah yang harus diteladani adalah berbagi, baik dalam kondisi lapang maupun sempit. Sebagai wujud itu, saat ini STKIP membagikan 170 paket bahan pokok pada kaum dhuafa di Desa Sori Sakolo.

"Mudah-mudahan Bantuan ini dapat meringankan beban sesama," harapnya.

Dodo juga menyampaikan, STKIP tapi berkomitmen untuk merayakan setiap hari-hari besar Islam. Upaya ini juga bagian dari komitmen kampus dalam menyeimbangkan antara kecerdasan intelektual dan spiritual.

Sementara, Asisten 1 Setda Dompu, Burhanudin SH mengatakan, saat ini keteladanan yang dicontohkan Nabi Muhamad SAW banyak yang dilupakan. Oleh karena itu, momentum ini bisa dijadikan referensi untuk umat Islam agar meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW.

"Acara seperti ini bisa digelar setiap desa. Sehingga ajaran Nabi Muhammad SAW tidak dilupakan oleh umat Islam," harapnya.

Warga Desa Sorisakolo sebagai tempat STKIP Dompu berdiri menurut dia, harus bangga dengan keberadaan kampus ini. Karena STKIP Dompu ini merupakan perguruan tinggi terkemuka di Kabupaten Dompu yang telah melahirkan lulusan hebat. (jw)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda