Disnakertrans Akan Intens Sosialisasi, Edukasi Warga Tentang Resiko PMI Ilegal - Bima News

Rabu, 10 November 2021

Disnakertrans Akan Intens Sosialisasi, Edukasi Warga Tentang Resiko PMI Ilegal

Fatahullah
Fatahullah, SPd
 

BimaNews.id, BIMA-Pemahaman warga terhadap resiko menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di Kabupaten Buma, masih minim. Terbukti, setiap tahun banyak pengaduan soal PMI ilegal yang bermasalah di negara penempatan.

Untuk menekan keberangkatan PMI non prosedural , Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) akan intens sosialisasi di wilayah Kabupaten Bima. Harapannya,  bisa meminimalisir angka keberangkatan PMI ilegal.

"Sosialisasi ini penting untuk menyadarkan masyarakat tentang resiko menjadi PMI ilegal," tandas Kepala Disnakertrans Kabupaten Bima, Fatahullah SPd, Selasa (9/11).

Teknis pelaksanaan sosialisasi nanti katanya, akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Untuk satu kecamatan dipusatkan pada satu tempat. Dengan mengundang sejumlah pihak seperti, kepala desa, tokoh masyarakat sebagai peserta.

"Mudah-mudahan dengan sosialisasi itu bisa mengedukasi masyarakat.  Sehingga tidak ada lagi masyarakat Bima yang berangkat secara ilegal," harap.

Jika berangkat secara ilegal akan akan merugikan PMI itu sendiri. Tidak ada perlindungan ketika bermasalah di negara penempatan.

Karena selama mendulang rupiah di negeri orang, mereka tidak bisa dipantau oleh pemerintah Indonesia. Kemudian tidak dapat santunan kematian, rawan bermasalah  dengan gaji dan masih banyak lagi persoalan lain.

"Faktaya sudah banyak, tapi masih saja banyak warga yang berangkat melalui jalur non prosedural," katanya. (jul)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda