Pesawat Wings Air Tujuan Bima Mendarat Darurat di BIZAM - Bima News

Wednesday, 13 October 2021

Pesawat Wings Air Tujuan Bima Mendarat Darurat di BIZAM

Pesawat
Hasil angkapan layar pesawat Wings Air mendarat darurat di BIZAM, Selasa (12/10).

BimaNew.di, BIMA-Pesawat Wings Air dari Lombok tujuan Bandara Sultan Muhammad Salahudin Bima gagal terbang, Selasa (12/10). Masalahnya, tuas pintu darurat sisi kiri pesawat disentuh seorang penumpang.

Pesawat yang sudah take off  terpaksa putar balik, mendarat darurat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM). "Sekitar 7 menit lepas landas di Bandara Lombok, pesawat di udara tidak bisa naik. Penyebabnya, tuas pintu darurat dipegang penumpang sehingga sedikit terbuka. Udara masuk melalui celah pintu darurat," sebut salah seorang penumpang melalui akun facebook Dewi Ratna Muchlisa, Selasa (12/10).

Karena gangguan itu, pilot sempat menyalakan alarm peringatan.  Setelah itu langsung balik haluan dan  mendarat darurat di BIZAM.

"Untung tidak terjadi apa-apa. Ini pelajaran bagi penumpang yang duduk di dekat pintu darurat, agar tidak sembarangan pegang. Ini kesalahan fatal, akibatnya gagal terbang begini," sesalnya.

Humas BIZAM Lombok Arif Haryanto membenarkan kejadian tersebut. Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW1878 LOP-BMU terjadi Return to Base (RBT).

"Pesawat mengangkut 62 penumpang tujuan Bandara Sultan Muhammad Salahuddin, Bima," sebutnya saat dikonfirmasi, selasa kemarin.

Setelah mengetahui ada gangguan, pilot mendarat darurat sekitar pukul 16.47 Wita. Penumpang turun dari pesawat dan langsung menuju ruangan tunggu bandara.

Pada Pukul 18.05 Wita, pihak Wings Air mengambil keputusan untuk menunda penerbangan (postponed). Calon penumpang akan kembali diberangkatkan sekitar pukul 11.00 Wita, hari ini.

"Saat ini, sebanyak 51 orang calon penumpang diinapkan hotel," jelasnya.

Sementara 11 orang lain menginap di rumah masing-masing. Mereka diberikan uang Rp 150 ribu untuk biaya transportasi. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda