Dosis Vaksin dari Provinsi Selalu Kurang, Kabupaten Bima Sulit Capai Target - Bima News

Tuesday, 12 October 2021

Dosis Vaksin dari Provinsi Selalu Kurang, Kabupaten Bima Sulit Capai Target

Alamsyah
Alamsyah
 

BimaNews.id, BIMA-Dosis vaksi yang diterima Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima dari Pemprov NTB selalu kurang. Tidak heran, capaian vaksinasi daerah di bawah kepemimpinan IDP-Dahlan ini jauh dari angka yang ditargetkan.

"Target provinsi 389.115 sasaran, meliputi pelayanan publik, masyarakat umum dan pelajar. Sementara capaian kami baru 106.464 orang," jelas Kabid P2PL Dikes Kabupaten Bima, Alamsyah, Senin (11/10).

Rincianya, untuk dosis pertama 84.552 sasaran, 21.200 orang tahap kedua. Sementara untuk dosis ketiga sebanyak 714 sasaran, karena hanya diperuntukkan bagi Tenaga Kesehatan (Nakes).

"Kami tidak bisa berbuat banyak, untuk meningkatkan capaian vaksinasi. Karena keterbatasan dosis yang dikirim Pemrov. Mungkin di sana juga terbatas, sebab dosis ini dibutuhkan oleh semua daerah," aku mantan Kepala Puskesmas Soromandi ini.

Ia tidak memungkiri jika Pemprov rutin mengirim dosis ke Kabupaten Bima. Hanya saja, setiap mereka droping, jauh dari yang diharapkan. Seperti, belakangan ini hanya dikirim 6.350 dosis.

Jumlah dosis sebanyak itu, akan habis digunakan paling lama dua hingga tiga hari. Karena rata-rata setiap puskesmas menghabiskan 200 dosis per hari.

"Terkadang dosis kosong dua hingga tiga hari, baru dikirim Pemprov," jelasnya.

Harusnya dengan semangat masyarakat mengikuti vaksinasi saat ini menurut dia, didukung dengan ketersediaan dosis yang cukup. Jika bukan 20 ribu, paling tidak didroping 10 ribu dosis per pekan.

"Kalau kirimnya rutin, saya yakin capaian vaksinasi kita akan tinggi seperti daerah lain," katanya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda