Tak Sanggup Bayar Iuran BPJS, Pemkot Minta Bantuan Pusat - Bima News

Thursday, 2 September 2021

Tak Sanggup Bayar Iuran BPJS, Pemkot Minta Bantuan Pusat

Sri
Sri Nunung Andriani 
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Pemerintah Kota Bima tidak sanggup membayar iuran BPJS gratis yang dialokasikan melalui APBD Perubahan 2021. Pasalnya, pagu anggaran yang tersedia hanya Rp 5,5 miliar dari total kewajiban Rp 12 miliar.

"Jelas tidak cukup. Karena tahun 2020 lalu saja, Pemkot membayar 12 miliar ke BPJS Kesehatan," sebut Kasi Jaminan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima, Sri Nunung Andriani SE, Rabu (1/9).

Rekapitulasi data bantuan BPJS gratis melalui APBD Kota Bima sebanyak, 13.600 orang dengan total pembayaran Rp 12 miliar. Sementara, pagu anggaran yang disiapkan pemerintah daerah hanya Rp  5,5 miliar.

Dengan keterbatasan anggaran tersebut, akan mengusulkan 13.600 peserta BPJS ke pemerintah pusat. Meminta untuk dimasukkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Kalau sudah masuk ke DTKS, 13.600 orang itu akan dialihkan sebagai peserta BPJS gratis melalui APBN," terang ibu empat anak ini.

Jika tidak semua diakomodir, pemerintah pusat diharapkan membantu setengah dari jumlah peserta yang diusulkan. Supaya pemerintah daerah tidak terbebani, di tengah keterbatasan anggaran akibat Covid-19.

"Mudah-mudahan bisa terealisasi. Supaya kami bisa kembali menerima pendaftaran peserta BPJS baru," harap Sri sapaan akrabnya.

Karena sejak tahun 2021, Dinsos telah banyak menerima warga yang masuk daftar tunggu, sebagai peserta BPJS baru. Hanya saja belum bisa diakomodir mengingat anggaran terbatas. Peserta baru bisa diterima, setelah ada pengurangan data peserta sebelumnya.

"Jumlah peserta baru ini sekitar dua ribu," sebutnya.

Sementara jumlah warga penerima BPJS gratis yang ditanggung APBD I Provinsi NTB kata dia, 17. 595 orang. Dengan rekapitulasi pendaftaran tunggu, 1.900 calon peserta.

"Kemudian penerima BPJS gratis yang ditanggung APBN sebanyak 59.130 peserta," pungkas wanita asal Desa Tawali, Kecamatan Wera ini. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda