Enam Keluarga Korban Kebakaran di Kota Bima Tempati Tenda Darurat - Bima News

Minggu, 15 Agustus 2021

Enam Keluarga Korban Kebakaran di Kota Bima Tempati Tenda Darurat

Tenda
Enam Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Panggi yang rumahnya terbakar pada Kamis (12/8), saat ini tinggal di tenda darurat. 


BimaNews.id, KOTA BIMA-Sedikitnya 20 jiwa korban kebakaran di Kelurahan Panggi Kota Bima, kini tinggal di tenda pengungsian. Belum ada solusi, apakah rumah para korban akan dibangun kembali atau tidak.

Kepala BPBD Kota Bima, melalui Kabid Kedaruratan Najamuddin mengungkap, saat ini ada 6 Kepala Keluarga (KK) yang di dalamnya terdapat 20 jiwa, terpaksa tinggal di tenda karena rumahnya rata dengan tanah.

"Bantuan sudah diberikan, sesaat setelah api dipadamkan. Wali Kota Bima, langsung mengunjungi korban, " ungkap pria yang akrab disapa Crisna ini.

Bantuan darurat yang diberikan, berupa terpal, bahan makanan, selimut dan tikar. Bantuan ini diberikan Pemkot Bima, melalui Dinas Sosial dan BPBD Kota Bima.

Soal nasib 6 unit rumah yang hangus, Crisna tidak bisa memastikan apakah akan dibangun kembali oleh Pemkot Bima atau tidak. Karena, bukan kewenangan BPBD melainkan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim).

Meski demikian, koordinasi sudah dilakukan lintas OPD berdasarkan arahan kepala daerah, untuk segera memberikan perhatian khusus kepada para korban kebakaran yang kehilangan rumahnya.

"Kepala daerah mengarahkan, memberikan bantuan stimulan kepada para korban. Ini akan tetap menjadi prioritas pemerintah, " kata Crisna.

Selain korban kebakaran di Kelurahan Panggi, Pemkot Bima juga sudah menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran di Kelurahan Pane.

Bentuk bantuan sama, berupa kebutuhan pokok, sandang dan pangan. Bantuan tersebut kata Crisna, bersifat darurat. Sedangkan bantuan lainnya, akan dikoordinasikan lebih lanjut.

Ia juga mengimbau, masyarakat Kota Bima waspada dengan angin kencang musim kemarau. Api sedikit saja kata Crisna, akan cepat membesar dan menyebar sehingga terjadi kebakaran. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda