Kominfo Kabupaten Bima Tidak Tahu Soal Pengalihan Anggaran Insentif Nakes Covid-19 ke daerah - Bima News

Jumat, 04 Juni 2021

Kominfo Kabupaten Bima Tidak Tahu Soal Pengalihan Anggaran Insentif Nakes Covid-19 ke daerah

Fahrurahman
Fahrurahman SE.MSi
 

BIMA-Insentif Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ditunggak sejak November 2020, belum ada kejelasan kapan akan dibayar Pemerintah Kabupaten Bima.

Beberapa kali media ini mencoba mengkonfirmasi ke DPKAD atau TAPD Kabupaten Bima, untuk mengetahui alokasi anggaran untuk pahlawan di era pandemi Covid-19 ini. Tidak ada yang bisa ditemui, karena sedang tidak berada di tempat.

Ketika persoalan itu dikonfirmasi ke Dinas Komunikasi Informatika (Kominfotik) Kabupaten Bima  untuk memperoleh data sesuai dengan tupoksinya. Sayangnya, Kominfotik pun belum mengetahui adanya pengalihan pembayaran insentif Nakes Covid-19 dari pusat ke daerah.

Kepala Diskominfotik Kabupaten Bima, Fahrurahman SE. MSi mengatakan, Dikes belum menjelaskan tentang regulasi tersebut. Terutama peraturan dari Kementerian Kesehatan untuk menyediakan insentif Nakes Covid-19.

"Coba kalau data regulasi sudah ada sama kami, bisa saya sebutkan langsung. Ada atau tidak untuk insentif itu," katanya pada Radar Tambora, Kamis (3/6).

Fahrurahman menjelaskan, Dikes yang lebih mengetahui tentang regulasi tersebut. Karena mereka yang memiliki pusat data. Serta yang terlibat langsung menangani.

Semenjak pengalihan dari pemerintah pusat ke daerah, dia belum mendengar informasi  jika anggaran untuk insentif Nakes tersedia dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima. Hanya saja lanjut dia, selama pandemi, yang ada hanya anggaran vaksinasi.

"Itu informasi yang saya dengar selama ini," ujar Fahrurahman.

Data secara umum setiap dinas kabupaten belum sepenuhnya diperoleh. Sehingga pihaknya belum berani menjelaskan ke publik. Baik data bentuk digital, maupun data fisik.

"Seharusnya setiap data itu, mesti diarahkan ke kita. Supaya publikasi data yang dimaksud hanya satu arah. Sesuai dengan program Bima Ramah jilid dua, yaitu Bima satu," tandasnya. (ar)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda