Beredar Video, Oknum Pegawai Dishub Kota Bima Tarik Retribusi dari Jukir - Bima News

Rabu, 30 Juni 2021

Beredar Video, Oknum Pegawai Dishub Kota Bima Tarik Retribusi dari Jukir

Is Fahmi
Is Fahmi
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Video oknum yang mengenakan seragam Dinas Perhubungan (Dishub) viral di Medsos.  Oknum tersebut diduga melakukan Pungutan Liar (Pungli) retribusi pada Juru Parkir (Jukir).

Padahal, secara aturan Dishub tidak memiliki kewenangan soal itu, karena area parkir sudah dikelola pihak ketiga.

Dalam video berdurasi 21 detik itu, seorang Jukir mengaku, setiap hari rutin menyerahkan uang parkir sebesar Rp 30 ribu pada oknum pegawai Dishub.

"Bukan ke pengelola saya serahkan uang parkir, tapi ke pegawai. Mereka datang tagih langsung ke sini," kata Jukir dalam video itu.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima, Drs Is Fahmin MAp mengaku, tidak mengetahui soal video yang beredar tersebut. Untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, pihaknya akan klarifikasi lebih lanjut pada personel yang bertugas di lapangan.

 "Jika di video itu benar pegawai Dishub, kami tindak tegas," tegasnya Selasa (29/6).

Tindakan tersebut kata dia, jelas melanggar aturan. Karena, kewenangan penarikan retribusi sudah diserahkan pada pihak ketiga sebagai  ke pengelola.

"Setoran retribusi parkir biasanya dari pengelola ke Dishub, sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD)," terangnya.

Mantan Kabag Humas Setda Kota Bima ini membeberkan jumlah lokasi parkir sebagai sumber PAD di Kota Bima sebanyak 76 titik.  Puluhan titik itu dikelola dua orang yang berbeda. Wilayah bagian barat dan timur Kota Bima.

Untuk wilayah bagian barat kata dia, diberikan target PAD sebesar Rp 300 juta. Meningkat Rp 50 juta dari target tahun lalu. Sementara bagian timur hanya 30 juta, dari target sebelumnya Rp 25 juta.

Peningkatan target di wilayah bagian barat menurutnya, karena titik parkir lebih banyak disbanding  wilayah bagian timur.

"Kita optimis tahun ini bisa capai target. Karena, tahun terpenuhi," katanya optimis. (jul)

Bagikan artikel ini

1 komentar

  1. Bapak dishub yang terhormat tolong di adakan lagi kir mobil di kota bima karena kami mengeluarkan uang banyak untuk numpang kir di kabupaten dompu, sedangkan kami UMKM ini pendapatan tak seberapa, sedangkan kami klo tidak bayar pajak kendaraan di setop dimana klo lg rajia.. Mohon bapak kadishub dan bapak wali kota bima kir mobil diadakan dikota bima saja tidak usah numpang kir jauh ke kabupaten dompu karena kami mengeluarkan uang tambahan untuk bensinnya

    BalasHapus