Anggaran Dipangkas Covid, Stok Beras Cadangan Kabupaten Bima Kosong - Bima News

Senin, 07 Juni 2021

Anggaran Dipangkas Covid, Stok Beras Cadangan Kabupaten Bima Kosong

Ir Syaifuddin
Ir Syaifuddin
 

BimaNews.id, BIMA-Stok beras cadangan di Kabupaten Bima kosong. Karena anggaran untuk pengadaan kebutuhan pokok tersebut sudah dipangkas untuk penanganan Covid-19.

"Sekarang, pengadaan beras cadangan belum bisa dilakukan," jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bima, Ir Syaifuddin, Jum'at (4/6).

Padahal menurut dia, anggaran tersebut harus diprioritaskan, mengingat  beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Terutama untuk mengantiasipasi terjadi kerawanan pangan atau warga yang terdampak bencana.

"Kalau ada wilayah yang kerawanan pangan, bagaimana kita bisa droping beras? Sementara anggarannya sudah dipangkas," tanyanya.

Belum lagi tahun ini ada pengurangan,  selisih 50 persen dari 20 ton beras cadangan sebelumnya. Pengurangan itu dilakukan, karena sebagian anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19.

"Sebenarnya 10 ton beras itu tidak cukup. Tapi, kita tidak bisa berbuat banyak, karena anggaran terbatas," bebernya.

Selain kekosongan stok cadangan, Syaifuddin juga menyebut, pemerintah telah membangun 48 gudang penampung beras di 16 Kecamatan. Pembangunan paling banyak dipusatkan pada wilayah dengan potensi produksi beras paling tinggi.

"Gudang itu akan menampung beras. Sebagai upaya antisipasi pemerintah ketika kehabisan stok," tandasnya. (jul)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda