Enam Titik di Wilayah Kota Bima Masih Blank Spot - Bima News

Wednesday, 19 May 2021

Enam Titik di Wilayah Kota Bima Masih Blank Spot

Fadil
Fadil S STP
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Meski sudah masuk era digitalisasi, sejumlah wilayah di Kota Bima masih ada yang blank spot (tidak tersentuh jaringan komunikasi). Masih terjadi gangguan signal handhphone, maupun internet, terutama di  Kelurahan Nitu, Oi Fo'o, Lelamase, Nungga, Kabanta dan Ndano Na'e.

Kabid Teknologi Informasi  dan Komunikasi (TIK) Diskomfotik Kota Bima, Fadil  S STP mengaku, enam wilayah tersebut, belum maksimal dijangkau infrastruktur telekomunikasi. Terutama jaringan internet.

"Kondisi ini sudah direspon pak Wali Kota. Bahkan sudah meminta ke Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk membangun Base Transceiver Station  (BTS) dan wifi," jela Fadil, Senin (17/5).

Namun permintaan itu ditolak. Kementerian menganggap wilayah yang blank spot tersebut bagian dari Kota Bima, sebagai Kota madya. Sementara syarat utama pembangunan BTS kata Fadil harus daerah Terpencil, Terluar dan Terdalam (3T).

"Kota Bima buka lagi daerah 3T, tapi  sebagai Kota Madya. Sehingga permintaan pembangunan BTS ditolak Kementerian Komunikasi dan Informasi," terangnya.

Meski begitu, pihaknya tetap koordinasi dengan pemerintah provinsi NTB. Meminta bantuan alokasi anggaran untuk pembangunan BTS. Agar layanan  internet pada enam wilayah tersebut bisa dinikmati masyarakat setempat.

Minimnya jaringan internet menurut dia, tentu menghambat aktivitas masyarakat. Terutama, di sektor pendidikan. Sebab, guru-guru yang mengakses dan mengirim Data Pokok Pendidikan (Dapodik) secara online, harus mencari tempat yang terjangkau jaringan.

"Begitu juga dengan siswa yang belajar secara daring," pungkasnya (jul)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda