Diturunkan Rp 85 Juta, Target PAD Diskanlut Kota Bima Tidak Juga Tercapai - Bima News

Selasa, 25 Mei 2021

Diturunkan Rp 85 Juta, Target PAD Diskanlut Kota Bima Tidak Juga Tercapai

H Sarafudin
Ir H Sarafudin
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima hanya mampu maraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 135 juta dari target Rp 151 juta pada tahun 2020. Padahal, target tersebut sudah duturunkan sebesar Rp 85 juta dari target awal Rp 236 juta.

"Penurunan target itu karena Pandemi Covid-19. Tapi, tetap juga tidak mampu dicapai," ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima, Ir H Sarafudin MM beberapa waktu lalu.

Rendahnya capaian PAD  tersebut kata dia, karena sumber utama PAD DKP adalah pabrik es, perahu bagan dan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) tidak berjalan maksimal. Penyebabnya, Pandemi Covid-19.

“Hampir semua sektor usaha mengalami penurunan omset karena Pandemi Covid-19,” 

Seperti kondisi perahu bagan kata dia, saat ini sudah banyak melampui batas usia produktif. Sehingga mempengaruhi hasil tangkapan ikan.

"Perahu bagan berusia lima sampai enam tahun itu sudah tidak aman lagi beroperasi," bebernya.

Oleh karena itu, perahu bagan tersebut direncanakan untuk dilelang atau penghapusan sebagai sumber PAD. Sebab, sudah tidak layak beroperasi.

"Waktu dekat kami akan laporkan ke Inspektorat untuk dibahas bersama DPRD Kota Bima. Setelah itu, baru di lelang atau penghapusan," tandasnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda