Peringati HUT Kota Bima, Disparpora Gelar Bakti untuk Pantai - Bima News

Saturday, 10 April 2021

Peringati HUT Kota Bima, Disparpora Gelar Bakti untuk Pantai

Sampah
Sampah plastik yang ditemukan di dasar laut Kolo Kota Bima oleh penyelam , saat bersih-bersih pantai
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Memperingati HUT Kota Bima ke-19, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bima menggelar Beach and Underwater Clean Up Race.

Kabid Promosi Disparpora Kota Bima, Buana Eka Putra menjelaskan,  kegiatan menyambut HUT Kota Bima diadakan di Pantai Kolo, Jumat (9/4). Sebagai bakti masyarakat terhadap pantai. Selain melibatkan aparat pemerintah, juga  masyarakat umum serta siswa sekolah semua tingkatan.

‘’Selain membersihkan di bibir pantai, kita juga menyasar sampah di bawah laut, dimotori Bima Dive, Bima Scuba dan Kopa Mbojo,’’ sebut Buana.

Organisasi penyelam di Kota Bima membersihkan sampah di bawah laut. Supaya  tidak mengotori terumbu karang dan keindahan bawah laut Kolo.

Dari bakti sosial itu diakui, banyak sampah yang dikumpulkan. Mulai sampah di pinggir pantai, hingga dari bawah laut.

"Saya lebih kuatir melihat sampah plastik yang banyak di dasar laut. Tentu mengancam kelangsungan biota laut, " kuatirnya.

Beach and Underwater Clean Up Race sebut Buana  disponsori sejumlah BUMN. Diantaranya, Bank NTB Syariah, BNI Bima, Pelindo III, PT Pegadaian, KPP Pratama Raba Bima, PT. Pertamina (Persero) Bima, Bank Mandiri, GRAB Bima, PT Gudang Garam Tbk, Bank Syariah  Indonesia dan Bank BTN .

Selain mengumpulkan sampah, juga ada lomba yang diikuti peserta. SDN 68 sebagai juara 1 pengumpul sampah terbanyak, diikuti SDN 34 dan TPQ Istiqomah di kelompok beregu.

Di kelompok perseorangan diraih oleh Zahira diikuti Gito dan Sahrul sebagai pengumpul sampah terbanyak. Selama kegiatan peserta dan pengunjung disuguhi dengan pentas seni dari Sanggar Budaya Temba Kolo. Mereka menampilkan tarian tradisional dan penampilan dari grup musik Jelajah Kolo yang mengusung musik etnis dengan Bahasa Kolo. (tin)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda