Kematian Akibat Covid-19 di Kota Bima Didominasi Lansia - Bima News

Tuesday, 20 April 2021

Kematian Akibat Covid-19 di Kota Bima Didominasi Lansia

Syarifuddin
Syarifuddin
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Warga Lanjut Usia (Lansia) mendominasi angka kematian akibat Covid-19. Dari total 39 kasus kematian sejak April 2019 lalu,  sekitar 56 persen merupakan Lansia.

Data diperoleh dari Dikes Kota Bima, hingga 20 April 2021, jumlah warga Kota Bima yang meninggal dunia 39 orang. Dari jumlah itu didominasi Lansia yang memiliki penyakit penyerta seperti, Diabetes, Hipertensi, Stroke atau Jantungan.

Kepala Dikes Kota Bima, melalui Kabid P2P Syarifuddin mengatakan, jumlah kematian pada Lansia akibat terpapar Covid-19 ini sangat tinggi. Dua kasus kematian terakhir di Kelurahan Pane dan Nitu, korbannya kategori Lansia.

"Kasus kematian pada Lansia cukup tinggi, karena mereka berpotensi tinggi terpapar, akibat ada penyakit yang sudah diderita sebelumnya, " jelasnya.

Merujuk pada data ini, Dikes Kota Bima sedang memprioritaskan vaksinasi Covid-19 kepada Lansia. Saat ini, sudah 166 orang yang sudah divaksin dari target 1057 orang.

Apalagi saat ini ketersediaan vaksin terbatas, sehingga Dikes  menyasar warga yang rentan terpapar untuk didahulukan.

"Jika dilihat dari jumlah Lansia, stok vaksin kita saat ini masih kurang, " aku Syarifuddin.

Karena itu diharapkan, warga Kota Bima yang sudah masuk kategori Lansia, mendatangi pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksinasi. Semakin banyak yang divaksin, maka kelompok masyarakat yang mengalami Herd Immunity akan semakin banyak dan pandemi akan berhenti.

"Kalau sekarang ini, tingkat penyebaran kasus sudah melandai. Kasus naik ketika akhir tahun lalu, karena libur panjang. Semoga libur jelang lebaran ini tidak lagi memancing naiknya kasus baru, " harap Syarifuddin. (tin)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda