Dikbud Harap Penerimaan Siswa Baru Bisa Bersamaan dengan Madrasah - Bima News

Monday, 19 April 2021

Dikbud Harap Penerimaan Siswa Baru Bisa Bersamaan dengan Madrasah

H Supratman
H Supratman
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Sekolah di lingkup Kementerian Agama (Kemenag) diharap bersamaan membuka penerimaan siswa baru. Supaya bisa serentak dengan sekolah di bawah naungan Dikbud.

Harapan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima, Drs H Supratman kepada wartawan beberapa waktu lalu. Selama ini kata dia, sekolah di bawah naungan Kemenag selalu lebih awal membuka pendaftaran siswa baru.

Hal ini selalu jadi masalah setiap tahun, karena ini berkaitan dengan zonasi yang ditetapkan Kemendikbud. Untuk itu kata dia, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar Rakor dengan Kemenag, membahas keseragaman pembukaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun 2021.

"Kita berharap penerimaan siswa baru bisa bersamaan supaya tidak menimbulkan masalah, " harapnya.

Dikbud saat ini  katanya, juga sedang menyiapkan sejumlah solusi bagi penerapan zonasi di tingkat SLTP. Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, banyak masalah. Sehingga harus ditangani lebih awal.

‘’Kualitas sekolah yang tidak merata membuat orang tua siswa kerap melanggar aturan zonasi,’’ sebutnya.

Untuk itu, Dikbud mendorong setiap sekolah memiliki satu program unggulan. Sebagai magnet bagi sekolah tersebut. Sehingga lanjutnya, orang tua bisa dengan mudah mengikuti aturan zonasi yang diterapkan.

Saat ini kata dia, sekolah madrasah sedang menjadi trend. Maka SLTP harus membuat program kelas, bila perlu dengan menyewa  tenaga profesional dari luar sekolah.

"Sekarang sudah ada beberapa sekolah yang melakukan hal itu, " ungkap mantan Kepala BKPSDM ini. (tin)

 

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda