Bappenas RI Lantik Youth Forum ke Tiga Indonesia di Geopark Tambora. - Bima News

Sabtu, 10 April 2021

Bappenas RI Lantik Youth Forum ke Tiga Indonesia di Geopark Tambora.

Lantik
Perencana ahli utama PPN/Bappenas RI, Ir. Hanan Nugroho MSc melantik 180 Pengurus TGYF diwakili 10 orang pengurus inti di Doro Ncanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu beberapa hari lalu
 

BimaNews.id,DOMPU-Kementerian PPN/Bappenas RI melantik Pengurus Tambora Geopark Youth Forum (TGYF). Pelantikan itu berlangsung  di kawasan Taman Nasional Tambora, Doro Ncanga,  Kecamatan Pekat,  Kabupaten Dompu, Selasa (6/4).

Dalam sambutannya melalui video Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan (SDEMP) BAPPENAS RI, Dr. Ir. Yahya Rachmana Hidayat MSc, menyampaikan esensi geopark dan pemuda.

"Geopark atau taman bumi adalah penggabungan keragaman geologi, keragaman hayati (Flora dan Fauna) dan keragaman budaya. Kemudian digabungkan menuju tiga pilar yaitu, konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat," terangnya. 

Peran vital pemuda jelas Dr Yahya, turut mendukung pengembangan geopark. Dengan memahami dan mengunakan tiga strategi, potitioning,  diferensiasi, dan branding/promosi yang tepat.

Perencana ahli utama PPN/Bappenas RI, Ir. Hanan Nugroho MSc hadir langsung  untuk melantik 180 Pengurus TGYF diwakili 10 orang pengurus inti. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dan General Manager Dewan Pelaksana Geopark Tambora.

"Kami lantik secara resmi adik-adik pengurus Tambora Geopark Youth Forum hari ini. Kami berharap adik-adik dapat membantu pengembangan Geoprk Tambora. Peran pemuda sangat menentukan kebermanfaatan geopark untuk pembangunan berkelanjutan diberbagai aspek," harap Hanan. 

TGYF jelasnya adalah Youth Forum ketiga yang dilantik Bappenas RI secara langsung, setelah Youth Forum  Belitung dan Ijen-Banyuwangi. Youth Forum sebagai salah satu syarat untuk Geopark Nasional seperti Geopark Tambora agar bisa menjadi UNESCO Global Geopark.

Sementara itu, Kadis Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan MPd menyampaikan selamat kepada pengurus TGYF  sebagi wakil  dari 60 SMK dan SMA se Pulau Sumbawa.

"Selamat pada adik-adik yang telah dilantik menjadi TGYF hari ini. Jadikan amanah ini sebagai ruang berkarya untuk daerah, bangsa dan negara," ajak Dr Aidy.

GM Dewan Pelaksana Geopark Tambora, Ir. Hadi Santoso ST, MM, IPM menjelaskan, pelantikan TGYF merupakan salah satu rangkaian  dari Festival Geopark Tambora 2021. Dia berharap akan menjadi salah satu pilar energi baru dalam pengembangan Geopark Tambora.

"Pembentukan dan Pelantikan TGYF bentuk nyata melibatkan pemuda sebagai subyek dalam pengembangan Geopark Tambora ke depan. Disamping pengelola Geosite, Pokdarwis, Komunitas Pencinta Alam dan lain-lain,’’ terang Wakil KADIN Kabupaten Bima ini.

Pria yang juga menjabat Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia ini berharap momentum peringatan meletusnya Tambora, menjadi inspirasi bagi kaum muda. Mengubah wajah daerah sebagaimana pesan Gubernur NTB saat membuka Festival Geopark Tambora 2021. (gun)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda