Dampak KBM Masa Pandemi, Siswa Tak Hafal Ayat Pendek dan Lagu Nasional - Bima News

Jumat, 05 Maret 2021

Dampak KBM Masa Pandemi, Siswa Tak Hafal Ayat Pendek dan Lagu Nasional

Kasek

Asnar Karnilita SPd SD (kiri) bersama seorang guru SDN 1 Kota Bima.

 BimaNews.id,KOTA BIMA-Sekolah lebih banyak diliburkan selama pandemi Covid-19, sangat berdampak terhadap pengetahuan siswa. Tidak heran saat ini ditemukan siswa yang tidak menghafal ayat-ayat pendek maupun lagu kebangsaan.

Kondisi memprihatinkan itu, ditemukan di SDN 1 Kota Bima. Sejak masa pandemi, siswa sekolah tidak maksimal mengikuti pelajaran tatap muka.

Kepala SDN 1 Kota Bima, Asnar Karnilita SPd SD mengatakan, tahun lalu siswa kelas 1 sudah bisa menghafal beberapa lagu nasional dan ayat-ayat pendek. Karena pagi dan menjelang pulang, siswa dibiasakan belajar menghafal.

"Sekarang, siswa sulit untuk menghafal, karena tidak dibiasakan seperti saat belajar tatap muka," katanya.

Siswa kata ibu tiga anak ini harus dibimbing secara intensif melalui belajar tatap muka, untuk mengembalikan hal itu. Sekaligus membentuk kembali karakter dan kemampuan siswa.

"Pendidikan dasar harus lebih banyak mendapat bimbingan langsung dari guru,’’ sebutnya.

Menyadari kondisi itu, guru-guru di SDN 1 Kota Bima saat ini lebih sering berkunjung ke rumah siswa. Namun, butuh waktu untuk mengembalikan kebiasaan menghafal tersebut.

Dengan memberikan tugas menghafal lagu nasional melalui youtube."Saat kita tes kemampuan hafalan, siswa masih belum bisa," sebut wanita asal Kelurahan Penatoi Kota Bima ini. (cr-jul)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda