Berakhlak Baik, Ikut Menentukan Kelulusan Siswa - Bima News

Kamis, 11 Maret 2021

Berakhlak Baik, Ikut Menentukan Kelulusan Siswa

Mahfud SS

BimaNews.id,KOTA BIMA-SMPN 6 Kota Bima akan melaksanakan Ujian Sekolah (US) pada 29 Maret mendatang, dengan tetap menerapkan protokol Covid-19.

US tahun ini akan diikuti oleh 119 siswa. Mereka akan dibagi dalam dua sesi ujian, dengan dua mata pelajaran (Mapel) setiap sesi.

Sementara jumlah soal setiap Mapel masing-masing 30 nomor. Kecuali Matematika dan IPA, 25 soal ujian. Semua jenis soal yang diuji, pilihan ganda.

"Soal ujian masih disusun, melibatkan guru setiap Mapel," jelas Kepala SMPN 6 Kota Bima Mahfud SS, Selasa (9/3).

Untuk bisa lulus, siswa harus mendapatkan nilai berdasarkan kriteria kelulusan minimum (KKM). Selain itu, nilai rapor kelas 7 hingga kelas 9 harus terisi.

"Mereka juga minimal harus berakhlak baik. Itu penting, apalagi selama ini belajar dalam kondisi Covid-19," kata alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini.

Mahfud menjelaskan, prioritas sekolah untuk menilai siswa lebih merujuk pada karakter daripada kompetensi. Sebab, belajar tatap muka sebelumnya tidak efektif diterapkan karena Covid-19.

Dia mengaku, pembelajaran di masa pandemi tidak tuntas sesuai kurikulum. Sehingga kewenangan untuk menentukan kelulusan siswa oleh sekolah, dengan tetap mengacu pada keputusan bersama tenaga pendidik setempat. (cr-jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda