Ujian PTS dan PAS di SMAN 2 Kota Bima Dimulai Awal Maret Depan - Bima News

Kamis, 25 Februari 2021

Ujian PTS dan PAS di SMAN 2 Kota Bima Dimulai Awal Maret Depan

Ibnu Hajar MPd
Ibnu Hajar MPd
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-SMAN 2 Kota Bima akan melaksanakan ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) pada 1 Maret Mendatang.

PTS diikuti siswa kelas 10 dan 11, dengan sistem dalam jaringan (Daring). Sementara ujian PAS bagi kelas 12, dilaksanakan secara tatap muka di sekolah. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala SMAN 2 Kota Bima melalui Wakasek Kurikulum,  Ibnu Hajar MPd mengatakan, ketentuan itu mengacu pada peraturan pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB. Tentang pelaksanaan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19.

Saat melaksanakan ujian PAS, siswa dibagi menjadi dua kelas untuk ruangan kelas yang sebelumnya menampung banyak siswa.

"Nanti, setiap kelas minimal 18 orang siswa. Itu berdasarkan teknis pelaksanaan pembelajaran saat Covid-19," jelas Ibnu, Kamis (25/2).

Untuk fasilitas penunjang agenda tahunan itu diakui, sudah rampung. Tinggal menunggu waktu pelaksanaan ujian.

"Semua sudah lengkap, tinggal eksen," tandas pria asal Desa Tangga, Kecamatan Monta ini.

Sementara Ujian Sekolah (US), akan dilaksanakan pada  15 Maret hingga 5 April mendatang. Kemudian, ujian praktik dari tanggal 1 hingga 15 April.

Jumlah siswa yang akan mengikuti US sebut Ibnu, sebanyak 191 orang. Terdiri dari Jurusan MIPA, 99 siswa, Jurusan IPS 70 siswa dan Jurusan Bahasa sedikitnya 22 orang.

Mantan Ketua Umum HMI Cabang Bima ini berharap, siswa lebih giat dalam belajar. Karena hasil yang dicapai nanti, berdasarkan kemampuan siswa mengerjakan soal ujian.

"Hasil jawaban dari soal itu akan jadi rujukan bagi kami untuk menentukan lulus apa tidaknya siswa," terangnya.

Soal tersebut lanjut alumni UNIPA Surabaya ini, dirancang oleh oleh guru yang terlibat dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di sekolah setempat. Ketentuan itu mengacu pada teknis penyusunan soal berdasarkan prosedur yang berlaku. (cr-jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda