Embung Jebol, Empat Dusun di Desa Kwangko Dompu Diterjang Banjir Bandang - Bima News

Minggu, 07 Februari 2021

Embung Jebol, Empat Dusun di Desa Kwangko Dompu Diterjang Banjir Bandang

Jebol
BPBD Dompu saat meninjau Dam Krama di Desa Kwangko yang jebol akibat banjir.


 


BimaNews.id,DOMPU-Ratusan rumah di Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa terendam banjir, Jumat sore (5/2). Banjir akibat jebolnya Dam Krama desa setempat itu terjadi secara tiba-tiba sekitar pukul 17.00 Wita.

Kepala BPBD Dompu Jufri ST MSi mengatakan, sebanyak 4 dusun di Desa Kwangko terendam banjir mulai sore hingga sore. Ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Selain merusak tanggul sepanjang 500 meter, banjir juga menyerat 4 rumah warga di bantaran sungai. Sejumlah fasilitas umum seperti Masjid dan sekolah juga terendam banjir.

"Warga sempat dievakuasi karena kejadiannya sangat mendadak," jelas Jufri.

Jebolnya embung tersebut disebabkan intensitas curah hujan cukup tinggi. Sehingga, embung tidak mampu menampung debit air. Kondisi itu diperparah dengan air kiriman cukup besar dari wilayah hulu. Akibatnya, air meluap dan terjadi banjir bandang.

Air bercampur lumpur, batu dan batang pohon menerjang kawasan pemukiman warga di Desa Kwangko. Beruntung dalam bencana tersebut tidak  ada korban jiwa.

"Intensitas debit air terlalu besar sehingga  Dam jebol puluhan meter," jelas Jufri.

Pasca banjir BPBD Dompu sudah menyalurkan bantuan tanggap darurat bagi warga terdampak. Bantuan berupa mie instan, air mineral, perabotan rumah tangga diserahkan langsung di lokasi banjir. Termasuk bantuan terpal untuk tenda darurat bagi warga yang rumah terserat banjir.

"Kami harap masyarakat agar tetap waspada, mengingat kondisi cuaca akhir-akhir ini cukup ekstrem," harapnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda