Bongkahan Batu Besar Tutup Ruas Jalan di Nanga Tumpu - Bima News

Minggu, 17 Januari 2021

Bongkahan Batu Besar Tutup Ruas Jalan di Nanga Tumpu

Longsor
Material longsor berupa bongkahan batu besar menutup ruas jalan di tanjakan Nanga Tumpu, Kecamatan Manggelewa, Minggu pagi.
 


BimaNews.id,DOMPU-Untuk kesekian kalinya, tanah longsor di Tanjakan Nanga Tumpu kembali terjadi. Kali ini, tanah dan bongkahan batu besar hampir menutupi semua badan jalan.

Kepala BPBD Dompu Jufri ST MSi mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan dinas terkait untuk membuka jalan negara tersebut. Pasalnya, material longsor dipenuhi tanah dan bongkahan batu besar.

"Kita masih menunggu alat berat untuk menyingkirkan material longsor yang menutup sebagian besar badan jalan," katanya, Minggu (17/1) kemarin.

Tidak ada korban jiwa atau kerugian materil dalam bencana longsor tersebut. Namun, akibat longsor arus lalulintas macet. Hampir tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, karena meterial longsor cukup tinggi.

"Kami upayakan lebih cepat, agar arus lalulintas kembali normal," ujarnya.

Tanah longsor di Nanga Tumpu sering kali terjadi. Oleh karena itu, diharapkan pengendara untuk ekstra hati-hati saat melintas di jalur Nanga Tumpu.

Suharyanto, warga Desa Soriutu Kecamatan Manggelewa yang berada di lokasi longsor mengatakan, tanah longsor terjadi sekita Minggu pagi (17/1). Bongkahan batu besar dan tanah menutup sebagian besar badan jalan.

"Sebagian material longsor sudah dibersihkan warga dengan cara manual supaya bisa dilalui kendaraan," sebutnya.

Dia berharap, dinas terkait untuk segera melakukan penanganan serius terhadap tebing yang rawan longsor di wilayah tersebut. Karena setiap musim hujan tiba, jalan nasional lintas Dompu-Sumbawa kerap terputus akibat tertutup longsor.

"Ini tanah longsor untuk kesekian kalinya. Pengendara harus hati-hati saat melintas di jalur tersebut," ingatnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda