Dana Desa Tahap 3 di Kabupaten Bima Masih Banyak Belum Dicairkan - Bima News

Rabu, 23 Desember 2020

Dana Desa Tahap 3 di Kabupaten Bima Masih Banyak Belum Dicairkan

Tajudin SH MSi
Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Tajudin SH MSi
 

KOTA BIMA-Tahun 2020 akan segera berakhir. Namun, sejumlah desa di Kabupaten Bima, masih banyak belum mencairkan dana desa tahap tiga (terakhir).

"Di Kecamatan Wera baru tiga desa yang telah mencairkan dana desa tahap tiga," sebut Kepala DPMDes Kabupaten Bima Tajudin SH MSi, melalui Kasi Sosialisasi dan Pembinaan Administrasi Desa, Marjan, Selasa (22/12).

Untuk kecamatan lain lanjut Marjan, seperti Belo, Langgudu dan Tambora, tersisa masing-masing satu desa yang belum cair.

Kendalanya, desa belum merampungkan laporan realisasi dana desa sebelumnya. Termasuk, belum menyerahkan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dan dokumen lain.

"Loporan ini dikirim ke kantor camat masing-masing, untuk dievaluasi dan diverifikasi," ungkap Marjan.

Jika sejumlah persyaratan  itu telah dilengkapi, maka dana desa akan segera dicairkan. Jika tidak, akan dialihkan pada tahun anggaran 2021.

"Ketika dianggarkan tahun 2021, penggunaan dana desa itu terserah Pemdes akan alokasikan untuk apa. Apakah mau lanjutkan kegiatan sesuai program kerja 2020 atau dialihkan  untuk kegiatan lain," jelas Marjan.

Hanya saja kata dia, keputusan itu harus melalui musyawarah dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Itu sesuai mekanisme tentang pencairan dana desa berdasarkan aturan.

"Jika mau dicairkan dana desa, buat laporan dengan cepat untuk mendapatkan rekomendasi camat," saran wanita berkacamata ini.

Sebelum tanggal 30 Desember 2020, diharapkan sejumlah desa yang belum mencairkan dana desa tahap tiga, segera melengkapi dokumen persyaratan pencairan. Karena beberapa hari lagi akan memasuki pergantian tahun. (cr-jul)

 

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda