60 Persen Hutan di Kota Bima Rusak - Bima News

Rabu, 30 Desember 2020

60 Persen Hutan di Kota Bima Rusak

H Alwi Yasin
Kepala DLH Kota Bima, H Alwi Yasin
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Sekitar 60 persen hutan di Kota Bima diidentifikasi rusak. Kondisi itu merata di wilayah pegunungan, akibat pembabatan liar dan alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian sejak awal 2019 lalu.

Hal itu diungkap Kepala DLH Kota Bima Alwi Yasin kepada wartawan, beberapa waktu lalu. Kata dia, butuh kerja keras untuk memperbaiki hutan yang rusak di Kota Bima.

Untuk mengembalikan fungsi hutan dan menjaga kelestarian lingkungan, DLH terus melakukan penghijauan. Menanam ribuan bibit pohon, baik di wilayah pegunungan maupun lingkungan di dalam kota.

Seperti, penanaman 6 ribu bibit pohon di wilayah Kelurahan Kendo Kota Bima. DLH Kota Bima melibatkan TNI, Polri, anggota Pramuka dan relawan dari berbagai komunitas pencinta alam Kota Bima.

Alwi mengatakan, pada penghijauan itu DLH menanam bibit tanaman buah. Sebagai bentuk kebijakan melalui program penghijauan pada lahan kritis pegunungan.

Jenis bibit tanaman buah yang ditanam sebut Alwi, seperti bibit nangka, rambutan, kemiri, dan jenis tanaman holtikultura lain.

"Dengan penanaman bibit pohon itu, diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan dan terjaganya kelestarian alam di wilayah Kota Bima," terang Alwi. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda