Kekayaan Alam Melimpah, Madapangga Dijadikan Kawasan Strategis Ekonomi Baru - Bima News

Kamis, 05 November 2020

Kekayaan Alam Melimpah, Madapangga Dijadikan Kawasan Strategis Ekonomi Baru

BIMA-Kecamatan Madapangga memiliki kekayaan alam dan Sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa. Ini harus dikelola dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bima H Syafrudin-Ady Mahyudi ( Syafru-Ady), hadir untuk mengelola kekayaan alam dan SDM tersebut.

“Madapangga dengan segala potensinya, insyaAllah akan menjadi mata rantai penting yang akan Syafru-Ady kembangkan.  Sebagai salah satu dari 12 kawasan strategis ekonomi baru,” ungkap tim analis dan strategi Paslon Syafru-Ady, Saifullah.

Pria yang akrab disapa Ipul ini mengungkapkan,  Madapangga  sangat stategis sebagai pusat pengembangan palawija daerah. Juga sebagai pusat taman wisata alam yang indah dan asri.

Selain itu, Madapangga merupakan perwakilan ekosistem tipe hutan dataran rendah yang dicirikan dengan topografi yang bergelombang. Dengan beragam jenis flora. Antara lain, jenis Rondu /Bungur (Lagerstroemia Speciosa), Sengon (Albizzia Chinensis), Soka (Ardisia Javanica).

“Madapangga memiliki jenis tumbuhan Beringin (Ficus Benjamina) dengan akar yang kuat dan berserabut untuk menyerap air. Tumbuhan tersebut merupakan habitat bagi berbagai jenis burung,” ungkap Ipul.

Madapangga juga jelas Ipul,  memiliki potensi satwa yang cukup besar terutama jenis burung. Ada sekitar 26 jenis burung.

Diantaranya burung Elang Flores (Spizaetus florensis), Koak Kiau (Philemon buceroides), Tekukur (Streptopelia chinensis) Ayam Hutan (Gallus sp), Biawak (Varanus Salvator).  Kemudian mamalia seperti, Babi Hutan (Sus Scrova), Kera abu-abu (Macaca Fascicularis) serta berbagai jenis kupu-kupu (lebih dari 20 jenis) baik yang dilindungi maupun yang tidak dilindungi.

“Ada lima obyek wisata potensial untuk dikembangkan.  Sebagai obyek rekreasi bagi wisatawan mancanegara maupun lokal,” beber Ipul.

Lima obyek wisata itu, yakni obyek wisata pendakian dengan topografi berbukit dengan panorama yang indah dengan kemiringan 15-40 persen. Tinggi antara 200-600 mdpl, dapat digunakan untuk wisata pendakian serta panjat tebing/climbing.

Kemudian, obyek wisata sumber mata air. Sumber mata air di taman wisata alam Madapangga selain untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar. Juga sebagai obyek wisata dan tempat pemandian karena airnya jernih.

Selanjutnya obyek Wwsata sungai yang mengalir di kawasan taman wisata alam Madapangga dihiasi bebatuan alami. Sangat baik untuk refresing, karena airnya mengalir sepanjang tahun.

“InsyaAllah  jika Syafru-Ady menang, potensi ini akan dikelola dengan baik untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkas Ipul. (tin)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda